Sabtu, 30 Juli 2011

Berapa macam listrik ?

Sabtu, 30 Juli 2011
Arus listrik itu adalah suatu aliran muatan listrik yang dapat bergerak atau mengalir dalam suatu benda atau alat penghantar listrik atau panas, yang diakibatkan karena adanya suatu perbedaan potensial listrik dimana di antara kedua ujung penghantar. Arus listrik ini mengalir dari tempat yang rendah atau memiliki potensial listrik ke yang lebih tinggi yaitu ke tempat yang memiliki potensial listrik lebih rendah atau kecil.
Listrik dibedakan menjadi 2 macam, yaitu :
  1. Listrik Dinamis --> Listrik dinamis merupakan pengaruh listrik yang ditimbulkan oleh benda yang dialiri oleh arus listrik.
Pernahkah kalian berpikir bagaimana petir. Atau kilat bisa terjadi sebelum hujan turun? Apakah yang menyebabkan hal tersebut?
Petir atau kilat adalah salah satu contoh nyata listrik yang paling sederhana, yang paling dekat dengan kita. Petir dapat terjadi karena molekul-molekul atau atom-atom di awan bergesekan dengan udara. Elektron (partikel bermutan negatif) akan cenderung berkumpul di dasar awan, sedangkan partikel bermuatan positif berkumpul di puncak awan. Jika sudah terlalu banyak elektron yang berkumpul maka elektron akan meloncat ke bumi sebagai kilat.
Kilat mengirimkan energi listrik yang sangat besar ke bumi. Kilat merupakan arus listrik dalam ukuran besar. Beberapa saat kemudian akan terdengar suara petir. Kilat dan petir tidak terjadi dalam waktu yang tidak bersamaan karena cepat rambat bunyi dan cahaya berbeda. Hal inilah dapat dikatakan sebagai Listrik Dinamis.

  1. Listrik Statis --> Listrik statis merupakan pengaruh listrik yang ditimbulkan oleh benda yang tidak dialiri oleh arus listrik atau muatan listrik yang diam.
Listrik statis fenomena yang menunjukan adannya interaksi atau saling berinteraksi benda-benda yang bermuatan listrik. Benda benda tersebut yang bermuatan positif amupun negatif dan benda tersebut akan saling berinteaksi satu sama lain. Dan masing-masing benda tersebut ada yang mempunyai elketron mupaun proton dan inilah yang menyebabkan benda tersebut saling berinteraksi.

Jika kita pahami dan sadari banyak sekali fenomena listrik statis dalam kehidupan kita sehari hari ,contoh listrik statis dalam kehidupan yaitu:

  • Kalo kita sedang menyisir rambut kadang-kadang rambut kita akan terbawa berdiri walapun kita tidak menyadarinnya ,rambut yang kita sisir seolah olah mengikuti sisir tersebut. Ini menandakan adanya interaksi anatara rambut dan sisir .
  • Penggaris apabila di gosok gosokan dengan kain sutra maka akan bermuatan listrik dan muatan listrik tersebut didekatkan dengan kertas maka kertas tersebut juga kan ikut tertarik ini menunjukan saling keterkaitan antara penggaris dengan kertas.
  • Seperti balon yang di tiup dan ditaburkan kertas. Pasti kertas itu akan menempel. Berarti antara kertas dan balon yang sudah di tiup terjadi interaksi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates. Blog Templates created by Web Hosting