Jumat, 29 Juli 2011

Sejarah Listrik

Jumat, 29 Juli 2011

Sebelum kita membahas topik tentang “Pemanfaatan Energi listrik secara efisien” sebaiknya kita mengetahui dulu Sejarah awal ditemukannya listrik. Penemu serbabisa “ Thomas Alva Edision” lahir pada tahun 1847 di kota Milan, Ohio, Amerika Serikat. Ciptaan pertamanya, perekam elektronik yang di buatnya ketika berumur 21 tahun. Penemuannya yang paling orosinal adalah mesin piringan hitam yang di patenkannya pada tahun 1877, namun yang membuatnya terkenal adalah pengembangan bola lampu pijar yang praktis pada tahun 1879. Edision bukanlah orang pertama yang menciptakan system penerangan listrik, namun lampu pijar yang diciptakannya praktis dan mudah digunakan di rumah. Penggunaan tenaga listrik bukan hanya untuk penerangan, tapi juga bisa di gunakan untuk kebutuhan aspek rumah tangga.
Edition bukanlah penemu semata, dia juga terlibat dalam pembuatan berbagai perusahaan industri. Meski edision bukan ilmuan murni, pada tahun 1882 dia menemukan bahwa dalam keadaan mendekati hampa udara, arus listri dapat dialirkan di antara dua kawat yang didak menyentuh satu dengan yang lainnya. Fenomena ini di sebut “  Edision Effect” .
Hampis semasa hidupnya edision menderita kurang pendengaran. Tapi, semasa hidupnya juga dia bekerja keras dan dapat mengatasi hambatan dalam hidupnya. Edision banyak menyempurnakan alat-alat yang sebetulnya sudah di temukan oleh orang lain sebelumnya, bahkan dalam bentuk yang sudah di gunakan. Meskipun tak satupun penemuannya memiliki arti penting yang besar, perlu di ingat bahwa edision tidak hanya menciptakan satu alat tapi ribuan. Atas dasar itulah saya menempatkan edition lebih tinggi dari penemu lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 
◄Design by Pocket, BlogBulk Blogger Templates. Blog Templates created by Web Hosting